August 9, 2022

Invasi yang sedang berlangsung hingga saat ini dari Rusia telah menyebabkan pemerintah Ukraina secara tegas mengambil berbagai cara untuk bertahan dan memerangi kembali. Ukraina hingga kini telah mengumumkan negara tersebut ingin menunjukkan kepada dunia beberapa momen perang dalam bentuk NFT.

Beberapa hari yang lalu, Ukraina memang sudah mengungkapkan rencana lebih lanjut untuk mengumpulkan dana dengan menjual NFT. Ukraina juga akan menampilkan seni yang menggambarkan berita tentang invasi oleh Rusia.

Pada sebuah wawancara, Wakil Menteri Transformasi Digital Ukraina, Alex Bornyakov menyatakan, koleksi NFT nantinya akan seperti museum perang Rusia-Ukraina. Dia juga mengungkapkan bahwa mereka akan memberitahu dunia tentang perang dalam bentuk NFT

Negara ini telah mengembangkan banyak cara baru untuk menggunakan aset digital dalam membantu mendanai pertahanannya. Dana yang diterima dari pengumpulan NFT akibat perang Ukraina akan digunakan untuk upaya perang negara. 

Selain menunggu kabar terkini mengenai berita terupdate, ada kalanya mengisi waktu luang yaitu dengan bermain permainan game slot. Permainan game slot hanya dimainkan untuk bersenang-senang, apabila menang hanya bonus dari sebuah keberuntungan.

“Kami tentunya tidak menggunakan dana ini untuk membeli senjata pada saat ini. Kami hanya membeli kacamata night vision, optik, helm, rompi anti peluru,” ujar Bornyakov, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (17/3/2022). 

Diharapkan nantinya, setiap NFT akan bisa mewakili sebuah karya seni yang menggambarkan sebuah cerita dari perang. Selain itu juga, menurut Bornyakov, koleksinya diharapkan  menampilkan sesuatu yang keren dan dapat dinikmati kalangan dunia.

Pemerintah untuk pertama kalinya mengumumkan proposal untuk meluncurkan NFT pada 3 Maret setelah membatalkan beragam rencana pengiriman hadiah kepada orang-orang yang menyumbangkan kripto untuk tujuan negara.

Penggunaan pada aset digital telah memainkan peran penting dalam perang Rusia-Ukraina. Menurut Bornyakov sendiri, diplomasi digital Ukraina telah memberikan hasil yang efektif. Beberapa platform di media sosial telah memblokir media pemerintah Rusia seperti Russia Today dan Sputnik.

Jumlah total yang disumbangkan ke Ukraina dalam bentuk kripto telah melampaui USD 83,6 juta pada minggu lalu. Dari jumlah itu, 53,54 persen dari sumbangan langsung diberikan kepada pemerintah Ukraina. Selain untuk itu, gabungan dari Bitcoin dan Ethereum menghasilkan 67,83 persen dari semua donasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.